Model



Ibarat kita membangun sebuah rumah, bentuk rumah seperti apa pun mustahil untuk bisa kita bangun apabila kita tidak memiliki model awal bentuk bagunan rumah itu akan seperti apa. Apalagi kehidupan kita, kalau saja kita tidak pernah mau memikirkan model kehidupan seperti apa yang ingin kita wujudkan, mustahil kehidupan kita akan sesuai dengan apa yang kita harapkan.

Proses penciptaan itu dilakukan dua kali. pertama: kita pikirkan terlebih dahulu bentuknya atau modelnya. Kedua: baru kita kerjakan prosesnya sesuai dengan bentuk atau model yang kita inginkan. Jadi sangat penting untuk kita pikirkan terlebih dahulu bentuk dan modelnya di awal, tidak mungkin kita skip langsung kepada proses pembuatannya.

Pertanyaannya: apa yang mau kita buat..?? Bahkan seorang Einstein pun berkata imajinasi itu lebih penting dibandingkan ilmu pengetahuan atau knowledge, karena Einstein paham bahwa ilmu pengetahuan pasti mengikuti imajinasi kreatornya atau penciptanya... tidak mungkin akan sebaliknya, karena semua hal  baik yang hadir dimuka bumi ini pasti sudah ada yang pernah mau untuk memikirkannya, tidak mungkin ujug-ujug mereka hadir tanpa adanya campur tangan manusia yang mewujudkannya. Tentunya campur tangan Tuhan yang menentukan hasilnya, tetapi sekali lagi itu bukan wewenang kita ~kita hanya dituntut untuk menyempurnakan usaha atau iktiar kita, yaitu memikirkan dengan serius bentuk atau model dari usaha atau ikhtiar kita itu.

Komentar