Breathing


Selagi nafas kita masih di kandung badan, adalah tanda bahwa kita masih hidup. Pertanyaannya: hidup seperti apa yang kita jalani saat ini..??

Kadang kita lupa dengan pertanyaan yang seperti ini. Kita menjalani kehidupan kita selalu sama dengan hari kemarin. Akhirnya kehidupan kita seperti jalan di tempat... tidak ada prestasi.

Pertanyaan yang kedua: mau sampai kapan kita memiliki kehidupan yang seperti ini..?? Karena Tuhan menciptakan manusia tidak dengan senda gurau. Akan tetapi kitalah yang kadang bersenda gurau dengan kehidupan yang kita jalani. Maksud penulis bersenda gurau di sini, kita menjalani kehidupan ini dengan cara 'mengalir' saja tanpa adanya satu tujuan yang jelas.

Jangan bilang bahwa tujuan hidup kita hanya beribadah kepada-Nya saja. Maksud ibadah di sini apa..?? Hanya sekedar menjalani ritual ibadah saja, seperti sholat, puasa,sedekah, dll..??  Kadang pemikiran kita mengenai ibadah sangat sempit hingga kita sendiri yang mematikan potensi terbaik yang kita miliki, yaitu memiliki prestasi selama kehidupan kita di dunia: menjadi manusia yang paling bermanfaat bagi sesama (karena itu juga perintah Tuhan kepada hamba-Nya yang bernama manusia). Tapi karena yang selama ini kita tahu bahwa yang disebut ibadah itu hanya ibadah ritual saja, akhirnya kita merasa sudah beribah yang terbaik kepada Tuhan kita. Lupa bahwa bekerja dan berkarya juga merupakan ibadah yang perhitungannya tidak main-main di mata Tuhan... karena keduanya merupakan bentuk pengamalan yang sesungguhnya dari perintah Tuhan, bukan sekedar ritual semata.

Kalau kita tidak mengamalkan perintah Tuhan, lalu apa yang bisa kita persembahkan kepada Tuhan ketika kita ditanya, "Sudah dipergunakan untuk apa saja umur yang diberikan..??" karena kalau hanya ibadah ritual semata, semua orang pun melakukan hal yang sama. Tetapi bentuk pengamalan dari ibadah ritual itu adalah cerita yang lain lagi.

Oleh karena ini sebagai pengingat juga buat penulis, jangan sampai umur yang diberikan oleh Tuhan membuat Tuhan merasa 'menyesal' telah memberikan kehidupan kepada kita... karena selama hidup, kita juga belum paham dengan perintah Tuhan yang diberikan kepada kita selama kita menjalani kehidupan di dunia ini. Semoga ini menjadi pemikiran buat kita bersama.

Komentar