STOP BLAMING OTHER PEOPLE

 



Ketika sesuatu tidak berjalan sesuai dengan keinginan kita, kadang kita lupa bahwa kita pun memiliki andil juga di sana. Memang sesuatu yang tidak berjalan sesuai dengan keinginan pasti rasanya sakit sekali... apalagi kalau kita sudah merasa mengeluarkan segala usaha yang maksimal di sana.

Mengapa (baiknya) kita jangan mudah menyalahkan pihak luar ketika sesuatu tidak sesuai dengan rencana kita, karena dengan menyalahkan siapa pun (di luar diri kita), secara tidak sadar kita sudah mengurangi kemampuan kita sendiri untuk menemukan solusi yang selama ini kita cari.

Sesungguhnya segala sesuatu pasti membutuhkan waktunya masing-masing yang berbeda... kita seharusnya bersabar dengan prosesnya. Memang bagi sebagian orang, bersabar bukanlah pekerjaan yang mudah, karena kita tidak terbiasa untuk bersabar. Kita tak pernah dilatih untuk itu, sejak kecil... jadi wajar saja kita mudah menyalahkan orang lain (di luar diri kita).

Dengan begitu mudahnya kita menyalahkan orang lain, maka kita tidak pernah belajar sedikit pun dari kesalahan (apa) yang pernah diperbuat sebelumnya. Sedangkan belajar yang terbaik adalah belajar dari kesalahan yang pernah kita perbuat... karena tidak mungkin kita belajar dari kebenaran yang kita perbuat, karena kalau sudah benar, maka tidak ada lagi yang bisa menjadi pembelajaran.

Oleh karena itu, marilah mulai saat ini juga... jangan suka menyalahkan pihak (lain) di luar diri kita, karena semakin kita mudah menyalahkan, semakin kita jauh dari kata benar.

Komentar