PENGARUH TIKTOK BAGI ANAK

 


Dengan masifnya perkembangan media sosial TikTok di masyarakat, menyebabkan adanya dampak sosial yang besar bagi anak-anak kita. Karena suatu media sosial apabila bisa mempengaruhi gaya hidup suatu masyarakat luas, maka secara langsung akan mempengaruhi kehidupan kita.

Mari kita pikirkan dampak apa yang paling besar dengan kehadiran TikTok di tengah-tengah kita saat ini, apakah lebih banyak dampak positifnya, atau negatifnya...(?)  Terutama bagi anak-anak kita, karena media sosial sudah bisa dipastikan memiliki dua sisi mata koin yang berbeda dampak yang diberikannya, tergantung dari yang menggunakan media sosial tersebut.

Apabila yang terpapar adalah anak-anak kita sendiri, kira-kira lebih banyak dampak positifnya atau negatifnya (agar kita adil dalam memberikan sudut pandang kita). Karena yang sudah kita ketahui bersama, bahwa anak maupun para remaja, mereka masih dalam usia mencari jati diri. Belum terbentuk didalam diri mereka sebuah mekanisme pertahanan dalam menyikapi sebuah fenomena sosial. Mereka masih gampang sekali ikut-ikutan. Bahkan ketika mereka kelihatannya kurang update dengan apa yang terjadi di tengah-tengah lingkungannya, pasti mereka akan dibilang anak yang kurang pergaulan alias 'kuper'... dan biasanya mereka tidak terima bila ada yang mengatakan demikian. Mereka akan berupaya mati-matian agar tidak ketinggalan sesuatu yang 'update' tersebut.

Tetapi masalahnya, bagaimana mereka bisa menyikapinya dengan bijak tanpa merusak mereka secara mental..?? Di sinilah perlunya pendampingan dari para orang tua yang harus peduli dengan perkembangan zaman. Jikalau kita lengah akan hal ini, maka siap-siap saja kita akan menemukan perilaku yang menyimpang dari anak-anak kita. Dan pasti semua dari kita tidak akan menginginkan hal ini terjadi pada diri anak-anak kita.

Oleh karena itu, jadikan hal ini sebagai tanda bahwa ketika kita dititipi oleh Tuhan, seorang anak manusia. Maka ada tanggung jawab yang besar di sana, yaitu memastikan bahwa anak-anak kita dapat beradaptasi dengan zaman di mana mereka dilahirkan. Karena setiap anak akan menemui zaman yang berbeda dengan para orang tuanya. Maka orang tua yang bijak adalah orang tua yang mampu beradaptasi dengan zaman di mana anak kita dilahirkan.

Komentar