CINTAILAH KEGAGALAN

 


Banyak orang di luar sana sangat alergi terhadap kata gagal, karena kata gagal konotasinya adalah kita berada di pihak yang kalah, kita berada di pihak yang dirugikan... Oleh karena itu kita berusaha sekuat tenaga untuk menghindarinya.

Padahal mana mungkin orang mengetahui bahwa dirinya sudah sukses atau belum apabila dia belum merasakan arti sebuah kegagalan. Hanya dengan mengalami kegagalan lah kita dapat mengetahui posisi kita saat ini. Hanya dengan mengalami kegagalan kita bisa mendapatkan ilmu baru untuk mengetahui ilmu yang benar. Hanya dengan kegagalan membuat kita lebih berkomitmen untuk tidak lagi mengalami kegagalan untuk kedua kalinya, atau ketiga kalinya. Hanya dengan kegagalan kita dapat meraih pembelajaran untuk meraih kesuksesan, karena tidak mungkin kita dapat memetik pembelajaran dari kesuksessan untuk meraih kesuksesan.

Akan tetapi masalahnya, kita sulit untuk menerima kegagalan. Kita anggap kegagalan tidak boleh berada di dalam 'kamus kehidupan' kita, karena merupakan aib apabila orang-orang di luar sana mengetahui apabila kita mengalami kegagalan. Harga diri kita rusak seketika... padahal kalau terus menghindari kata gagal dalam kehidupan kita, bisa dipastikan kita tidak akan pernah selamanya mencicipi arti sebuah kesuksesan. Karena sukses dan gagal adalah satu paket yang tak terpisahkan layaknya perangko dan lem yang saling membutuhkan.

Memang, sejak kecil kita selalu dituntut untuk menjadi orang sukses. Kita hanya akan mendapatkan pujian apabila kita bisa memenuhi ekspektasi yang diberikan. Kalau belum memenuhinya, kita dianggap gagal. Akibatnya, kita sangat menghindari kata gagal karena kita tidak akan mendapatkan pujian lagi. Inilah yang menyebabkan banyak orang dewasa takut mengalami kegagalan, karena mereka sejak kecil selalu didoktrin bahwa kegagalan adalah hal yang harus dihindari.

Nah, pertanyaannya sekarang: mau sampai kapan kita memperlakukan kegagalan dengan cara seperti itu..?? Karena semakin kita menghindari kata "gagal", maka kita akan selalu menemui kegagalan tersebut. Oleh karenanya, cintailah kegagalan supaya kegagalan itu berubah menjadi sebuah kesuksesan.

Komentar