KECEMASAN



Kalau kita tidak berhati-hati dalam menyikapi rasa cemas yang berlebihan dalam diri ini, maka jangan heran kalau kita akan diserang oleh beragam jenis penyakit yang menyerang fisik kita. Karena penyakit fisik kadang bukan disebabkan oleh bakteri maupun virus tetapi lebih disebabkan oleh faktor internal diri kita, yaitu rasa cemas yang berlebihan. Apalagi kalau kita sudah pernah memeriksakan diri kedokter dan ternyata kata dokter secara fisik kita baik-baik saja, tetapi yang kita rasakan kok berbeda karena fisik kita seperti cepat lelah, sulit konsentrasi, asam lambung naik, dan lain-lain.

Ternyata rasa cemas berlebihan yang kita rasakan sudah menyerang sistem imun kita, karena penyakit fisik sering kali bukan ditimbulkan akibat bakteri maupun virus tetapi penyebab utamanya adalah pikiran kita sendiri dan juga pikiran yang diliputi oleh rasa cemas yang berlebihan mengakibatkan fungsi fisik kita menjadi terganggu. Coba saja ketika kita melihat orang yang stres berlebihan maka dia menjadi sulit tidur, sulit makan, sulit tenang hingga akhirnya fisiknya menjadi habis terkuras untuk menanggung penderitaannya. Akibatnya aktifitas kita menjadi sangat terganggu otomatis sulit bagi kita untuk dapat meraih prestasi terbaik dalam kehidupan ini.

Banyak orang diluar sana ketika mereka terserang rasa cemas yang berlebihan mereka lupa untuk bertanya kepada diri sendiri, jenis pikiran apa yang menyebabkan rasa cemas yang aku alami saat ini. Penting hal ini untuk kita tanyakan kepada diri sendiri karena tanpa kita berupaya mencari tahu, maka sulit bagi kita untuk keluar dari rasa cemas yang berlebihan ini. Maka tidak heran didalam agama kita diperintahkan untuk bermuhasabah, yaitu intropeksi diri atau meneliti diri dari segala aktifitas kehidupan kita saat ini, apakah ada yang perlu kita perbaiki karena memang manusia selalu diliputi oleh kesalahan dalam kehidupannya besar maupun kecil yang kita perbuat.

Karena hanya dengan cara tersebut kita dapat menemukan lagi bentuk ketenangan yang penting untuk kita miliki dan karena hanya dengan ketenangan kita dapat melawan rasa cemas yang berlebihan. Apalagi kalau kita melibatkan Tuhan disana bahwa apapun peristiwa yang tidak menyenangkan yang sudah menimpa kita saat ini merupakan bentuk kasih sayang Tuhan kepada kita sebagai hambanya dan juga sebagai pengingat agar kita selalu berupaya untuk memperbaiki diri. Karena biasanya orang yang dilanda kecemasan berlebihan selalu menyalahkan pihak luar dan akibatnya dia tidak memiliki kuasa atas kehidupannya sehingga tidak heran kecemasan selalu melanda dirinya.

Komentar