POLA ASUH ANAK YANG SEIMBANG



Pola pengasuhan anak memiliki banyak ragam jenisnya... kadang membuat orang tua menjadi bingung dalam menentukan pola asuh yang terbaik bagi anak-anaknya. Ada pola asuh ala Timur, ada juga pola asuh ala Barat. Keduanya juga memiliki produk turunannya masing-masing yang berbeda, sehingga orang tua mendapatkan banyak opsi dalam melakukan pola asuh yang 'pas' bagi anak-anaknya. Nah, di sinilah orang tua dituntut untuk cerdas dalam menentukan pola asuh yang tepat bagi anak-anaknya.

Kalau menurut pendapat penulis, pola asuh anak yang tepat adalah pola asuh yang seimbang ~orang tua lebih mengutamakan mengenal terlebih dahulu karakter dari anak-anaknya, karena karakter anak menentukan pola asuh yang paling cocok untuk anak.

Kita sebagai orang tua tidak boleh 'pukul rata' berkaitan dengan pola asuh kita kepada mereka agar terjadi pola asuh yang efektif dan memberikan dampak yang positif kepada anak-anak kita, karena pola asuh anak sangat mempengaruhi masa depan anak-anak kita karena pola asuhlah yang membentuk mental anak-anak kita. Maka sangat penting kita memberikan pola asuh yang seimbang kepada mereka, karena pola asuh yang seimbang membuat anak mendapatkan pola asuh yang holistik yang bertujuan memenuhi jiwa mereka dengan 'nutrisi-nutrisi' yang dibutuhkan oleh jiwa mereka, agar anak-anak kita memiliki kesiapan untuk menjemput masa depan terbaik yang mereka bisa miliki.


Komentar