ORANG TUA PENYEBAB ANAK MENJADI PELAKU KEKERASAN

 


Seringkali kita sebagai orang tua menyalahkan pihak luar ketika anak kita menjadi pelaku kekerasan. Kita menyalahkan pergaulan anak-anak kita, kita menyalahkan pihak sekolah, kita menyalahkan lingkungan, kita menyalahkan pemerintah... (untungnya kita tidak menyalahkan binatang peliharaan kita, hehehe..)

Ketika anak menjadi pelaku kekerasan, apakah kita pernah bertanya kepada diri sendiri: mengapa anak sampai tega melakukan hal itu semua..??  Karena penulis yakin tidak ada satu pun anak yang pernah bercita-cita sejak kecil bahwa suatu saat nanti ketika saya sudah besar, saya akan menyakiti orang-orang di sekeliling saya. Pasti yang menjadi penyebab anak-anak kita menjadi pelaku kekerasan adalah pengaruh-pengaruh yang mereka terima di sekeliling kehidupan mereka, terutama lingkungan keluarga ~karena sejak anak kita menghembuskan nafas pertama kalinya di dunia ini, mereka pasti berada di lingkungan keluarga.

Karenanya, pengaruh keluarga akan menjadi dasar pola pikir mereka, yang kelak (suatu saat nanti) menjadi karakter yang akan membentuk pribadi mereka. Tetapi jika kita sebagai orang tua tidak bisa memberikan pengaruh yang lebih kuat dibandingkan pengaruh luar, maka anak kita akan dibentuk oleh 'mereka' dengan semena-mena, tanpa rasa belas kasih... karena mereka tidak pernah merasa memiliki kepentingan kepada anak kita.

Orang tua seharusnya menyadari bahwa anak kita dititipkan oleh Tuhan kepada kita, para orang tuanya, bukan tanpa sebab ~karena Tuhan tahu bahwa kita sanggup dan mampu mendidik, merawat, dan menjaga anak-anak kita dari jahatnya pengaruh luar apabila kita mau belajar meluangkan waktu untuk menjadi orang tua mereka.

Komentar