PASSION vs UANG

 


Ada perbedaan pendapat di luar sana antara kita bekerja sesuai dengan passion, atau bekerja karena uang semata. Di antara mereka pasti memiliki argumennya masing-masing yang berbeda. Kalau menurut penulis, tidak ada pendapat yang paling benar maupun yang paling salah, karena keduanya pasti memiliki alasan terkuatnya masing-masing untuk membenarkan pendapat mereka.

Tetapi kalau ini ditanyakan langsung kepada penulis (akan memilih yang mana?) sudah pasti penulis akan menjawab memilih bekerja sesuai dengan passion yang penulis miliki. Bekerja yang dilandasi karena uang semata seringkali bisa menjadi bumerang bagi kita apabila kita tidak bijak dalam menyikapinya. Karena apabila uang yang selalu menjadi topik utama kita dalam urusan bekerja, maka uang yang akan selalu menjadi tolak ukur kinerja kita. Hal itu sangat disayangkan sekali.

Padahal secara tidak sadar hal tersebut bisa menjadi batu sandungan bagi kita untuk menunjukkan kinerja yang luar biasa. Sulit bagi kita dapat berkembang dalam urusan pekerjaan kita, apalagi kita bisa bekerja dengan maksimal ~karena isi kepala kita selalu hanya uang. Akibatnya kita senang berhitung.

Itulah kesan pertama yang ditampilkan, karena pola pikir kita selama ini selalu mempertanyakan segala sesuatu yang ada hubungannya dengan uang saja (kalau di luar itu tidak menarik untuk dibicarakan). Pertanyaannya: bagaimana kita dapat selalu bekerja dengan konsisten dan tampil luar biasa, apabila kata pertama yang selalu terucap dari mulut kita pasti diawali oleh berapa banyak uang yang berhasil kita dapatkan, bukan seberapa besar hasil dari pekerjaan yang bisa kita berikan...(?)

Penulis tidak bermaksud menafikan soal uang, karena kita semua di sini membutuhkannya. Tetapi uang biasanya selalu berbanding lurus dengan hasil dari pekerjaan kita, bukan sebaliknya.

Komentar