FOCUS ON YOURSELF

 

Ketika sesuatu tidak berjalan sesuai rencana, kita kadang seringnya menyalahkan keadaan di luar diri kita. Kita menyalahkan cuaca, kita menyalahkan kemacetan, kita menyalahkan orang lain yang kita rasa menjadi penyebab kegagalan. Siapa saja yang bisa kita salahkan selain diri kita, maka itulah sasaran kita akhirnya ketika hal tersebut selalu menjadi kebiasaan kita.

Sampai kapan pun sulit bagi kita dapat bertumbuh menjadi manusia. Manusia adalah makhluk yang diberikan oleh Tuhannya kelebihan yang tidak dimiliki oleh mahluk Tuhan lainnya, yaitu kemampuan untuk berpikir. Ketika kemampuan tersebut tidak dimanfaatkan untuk menyelesaikan masalah kita, maka perubahan ke arah pertumbuhan sulit untuk bisa terjadi, dan akhirnya kehidupan kita selalu di bawah rata-rata manusia normal.

Manusia normal adalah manusia yang sukses menjadi manusia, yaitu manusia yang selalu ingin bertumbuh... karena dia tahu kehidupan di dunia itu hanya memberikan dia dua pilihan: bertumbuh atau menetap, tidak ada pilihan yang lain. Oleh karena itu pilihan ada di tangan kita, apakah kita memilih menjadi manusia normal atau sebaliknya, karena pilihan kita selalu ada konsekuensi yang menyertainya.

Jadi, pilihlah dengan bijak karena pilihan kita menentukan nasib yang menanti kita di masa depan. Mohon untuk direnungkan.

Komentar