BERIKAN YANG TERBAIK

 


Apa pun amanah yang diberikan kepada kita, berikanlah yang terbaik... karena amanah yang diberikan kepada kita mengandung tanggung jawab yang besar, yang apabila kita tidak tunaikan dengan segala daya upaya terbaik, maka sulit bagi kita mendapatkan kepercayaan kembali. Padahal kepercayaan nilainya melebihi nilai kepercayaan itu sendiri yang kadang kita menganggapnya sepele, hingga kita sering melanggar nilai kepercayaan tersebut.

Banyak orang sukses lahir di luar sana bukan hanya karena kepintaran mereka, bukan hanya karena bakat mereka, bukan hanya karena mereka itu anak siapa... tetapi mereka bisa sukses karena mereka memegang teguh nilai kepercayaan dengan sepenuh hati. Dengan mereka memberikan yang terbaik dari amanah yang mereka terima, apa pun jenis amanahnya. Ketika mereka sudah berkomitmen, maka tidak ada lagi sesuatu yang dapat menghalangi mereka. Inilah sikap orang sukses yang kadang luput dari pandangan kita.

Kita pikir orang bisa sukses hanya karena faktor modal, faktor keturunan, faktor pendidikan... padahal menurut saya pribadi, faktor terkuat agar orang bisa sukses karena kita bisa memegang kepercayaan yang diberikan kepada kita, yaitu dengan selalu memberikan yang terbaik dari apa yang kita bisa. Kita jauhi sifat suka mencari alasan apabila kita gagal. Kita lebih suka mengakui kesalahan kita apabila kita gagal, karena orang sukses selalu terus berupaya memperbaiki diri, bukan mencari alasan. Karena dia sadar bahwa mengakui kesalahan membuat dia semakin bertumbuh. Karena kita mengetahui di mana letak kesalahannya, dan kita jadi tahu cara untuk memperbaikinya.

Akan tetapi kalau kita mencari-mencari alasan, sama saja kita membenamkan diri dalam kegagalan yang kita tidak tahu kapan kita melihat sinar kembali untuk berada dalam jalur kesuksesan kita. Hal ini patut untuk kita renungkan.

Komentar