MENJADI ORANG TUA TIDAK MUDAH



Siapa bilang menjadi orang tua itu mudah..?? Banyak di luar sana yang beranggapan bahwa menjadi orang tua itu mudah. Ini bisa dilihat dari rendahnya tingkat kemauan belajar menjadi orang tua yang rendah. Coba kita lihat kelas-kelas Parenting yang ada saat ini, apakah jumlah peminatnya sedikit atau banyak..?? Atau pesertanya hanya seputar ibu-ibu saja, sedangkan bapak-bapaknya tidak ikut hadir membersamai para istri untuk ikut belajar menjadi orang tua..??

Kadang kita merasa tahu segalanya untuk menjadi orang tua. Padahal (sebetulnya) kita banyak tidak tahunya, hingga kita banyak melakukan kesalahan menjadi orang tua yang dampaknya langsung kepada masa depan anak-anak kita, karena anak menjalani kehidupannya berdasarkan apa yang mereka terima dari cara didik orang tua mereka (pengaruh luar sangatlah kecil dampaknya bagi kehidupan mereka).

Apabila anak-anak kita memiliki jiwa yang kuat hasil tempaan dari lingkungan keluarganya, terutama dari kedua orang tuanya, maka penulis selalu menghimbau kepada para orang tua: jangan kita cepat berpuas diri dengan kemampuan kita saat ini menjadi orang tua. Teruslah belajar hingga maut memisahkan jiwa dan raga kita, karena tidak ada orang tua yang sempurna, tetapi yang ada adalah orang tua yang mau terus memperbaiki diri dengan belajar.

Tips-Tips agar kita dapat menjalani peran kita menjadi orang tua dengan maksimal

  • Tanamkan di dalam diri kita bahwa kesempatan menjadi orang tua hanya sekali, jadi jangan sampai kita sia-siakan menjadi orang tua yang gagal.
  • Teruslah belajar menjadi orang tua secara konsisten, karena hanya dengan ilmulah kita dapat mengetahui apakah tindakan kita selama ini sudah benar atau belum dan kita mengetahui apa yang perlu kita perbaiki.
  • Ingat, anak-anak akan selalu menjadi korban atas ketidakbecusan kita menjadi orang tua. Jangan sampai hal itu terjadi selagi kita masih diberi umur. Ayo, tidak ada kata terlambat untuk belajar menjadi orang tua hebat.

Komentar