ORANG TUA ADALAH MANUSIA NORMAL

 


Kita sebagai orang tua merasa harus selalu tampil sempurna ketika di hadapan anak ~kita sembunyikan kerapuhan kita di hadapan mereka. Padahal kita sebagai manusia biasa kadang mengalami masa-masa sulit di dalam kehidupan kita. Kita pernah mengalami masa-masa penuh dengan masalah di dalam kehidupan kita, karena kita memang manusia normal adanya.

Anak-anak kita pun tidak berharap orang tua mereka layaknya superman yang kuat akan segala rintangan yang menghadang. Mereka menyadari bahwa orang tua mereka pun bisa berbuat salah dalam kehidupan mereka, baik yang disengaja maupun tidak (mereka paham akan hal itu). Yang mereka inginkan sebenarnya adalah orang tua yang mau mengakui kalau mereka berbuat kesalahan, bukan orang tua yang egois, merasa diri yang paling benar.

Kalau saja kita sebagai orang tua mau menyadari bahwa anak-anak kita merindukan orang tua mereka yang mengakui bahwa mereka tidak sempurna, maka tidak akan banyak perselisihan lagi di antara kita.

Tips-Tips agar kita menyadari bahwa orang tua adalah orang tua normal

  • Sadari bahwa kita adalah orang tua yang masih manusia biasa, tempatnya salah ~jadi tidak ada salahnya kita mengakui kesalahan.
  • Berani mengakui kalau kita berbuat kesalahan di hadapan mereka dibandingkan kita selalu berkelit atas kesalahan yang kita perbuat.
  • Kalau saja kita menyadari dan mengakui bahwa kita bukan orang tua super, maka semakin mereka menganggap kita sebagai orang tua yang patut diidolakan... karena kita pantas menjadi suri tauladan bagi mereka.

Komentar