KEBIASAAN MENUNDA

 


Kebiasaan menunda memang asyik untuk kita lakukan. Kebiasaan menunda membuat kita merasa nyaman, merasa semua waktu adalah milik kita, merasa mudah untuk kita lakukan karena tidak ada beban, dan lain sebagainya. Padahal kita tidak sadar, kebiasaan menunda ini akan membunuh kita secara perlahan-lahan... karena semakin kita sering menunda, semakin segala sesuatunya di luar kendali kita.

Ketika sesuatunya sudah di luar kendali kita, maka kita akan menjadi budak dari sesuatu yang mengendalikan kita. Karena kebiasaan menunda ini baru kita sadari dampak besar negatifnya ketika kita sudah tidak mampu mengatasi masalah yang ditimbulkan dari kebiasaan ini, yaitu bertumpuknya tanggung jawab yang harus kita kerjakan dalam satu waktu. Padahal kita sudah tidak memiliki energi lagi untuk menyelesaikan semua tanggung jawab itu, hingga akhirnya kita jatuh sakit secara mental.

Inilah sumber penyakit yang sesungguhnya sulit untuk ditemukan obat nya. Sakit secara fisik mudah untuk disembuhkan karena kita tinggal meminum obat, tetapi secara mental belum ditemukan obatnya, dan apa pun yang kita tunda tersebut masih juga harus kita selesaikan bukan?

Masihkah kita ingin mempertahankan kebisaan menunda ini?

Tips-Tips agar kita tidak menunda-nunda pekerjaan kita:

  • Sadarilah kebiasaan menunda akan membuat hidup kita tidak nyaman dibandingkan dampak yang kita rasakan saat ini.
  • Bunuh perlahan-lahan kebiasaan menunda ini dengan cara kita memaksa untuk mengatur hal apa saja yang harus kita kerjakan esok hari, terutama di malam hari sebelumnya.
  • Paksa diri kita untuk mengerjakannya sampai tuntas semua yang sudah kita rencanakan sebelumnya. Jangan sampai ada yang terlewati, karena semakin kita memaksa diri untuk mengerjakannya sampai tuntas, semakin kita menghargai diri sendiri. Bukankah itu yang kita inginkan selama ini, yaitu memiliki harga diri?

Komentar