Jangan Dengarkan Pendapat Kebanyakan Orang

 


Kadang kita sering bertanya kepada banyak orang ketika mengalami beratnya suatu persoalan di dalam kehidupan kita. Tetapi anehnya, semakin kita banyak bertanya semakin kita bingung jadinya, karena semakin banyak jumlah orang yang kita dengarkan pendapatnya, semakin banyak perbedaan antara satu dengan yang lainnya dan pada akhirnya membuat kita sulit untuk segera dapat mengambil sebuah keputusan yang penting.

Menurut hemat penulis, boleh saja kita mencari tahu pendapat orang lain mengenai persoalan yang kita alami, tetapi jangan sampai hal ini menjadi 'bumerang' bagi kehidupan kita. Memang tidak perlu banyak orang yang kita dengarkan semua pendapatnya, karena setiap orang memiliki pola pikir yang berbeda antara satu dengan yang lainnya (yang belum tentu sesuai dengan solusi yang kita butuhkan). Akan tetapi lebih tepatnya kita harus dengarkan seseorang yang memiliki kesamaan persoalan dengan diri kita, karena ada pepatah berbunyi: "Pengalaman adalah guru yang terbaik"... apalagi pengalamannya tidak perlu kita sendiri yang menjalaninya.

Tips-Tips agar kita hanya mendengarkan pendapat orang yang ahli

  • Batasi keinginan diri sendiri untuk banyak bertanya kepada banyak orang.
  • Hanya bertanya kepada orang-orang yang memiliki potensi unggul di bidang yang ingin kita geluti.
  • Semakin sedikit orang yang kita tanya, semakin mudah kita mengambil sebuah keputusan penting karena lahirnya sebuah keputusan penting bukan dari banyaknya orang yang kita tanya, tetapi lebih kepada apakah kita bertanya kepada orang yang memiliki kompetensi.

Komentar